Isnin, 1 Jun 2015

HEBATNYA SERAI

Serai atau lemongrass
 
Nama Lain :
 
Camel’s Hay, Citronella, Geranium Grass, Cochin Grass,   herbe de citron (Perancis),   Zitronengras (Jerman),  Erba di Limone (Itali), hierba de Limon ( Sepanyol), bhustrina (India), Serai , layu, séréh (Indonesia), bai mak NÃO (Laos), Sera (Sinhalese),  takrai (Thai).
Serai ialah rumput tropika yang tumbuh  tinggi. Batang dan daun segarnya mempunyai bauan seperti lemon yang segar kerana ia mengandungi minyak pati, yang turut hadir sama seperti semasa mengupas lemon. Daun yang panjang seperti lembing di bahagian atas dan berpejal beberapa inci panjang pada bahagian akhir sebelum akar.  Sebagai rempah, serai segar dipilih kerana rasa keharumannya. Bahagian berpejal ini dihiris atau ditumbuk dan digunakan dalam masakan. Serai (Cymbopogon sp.) boleh di golongkan sebagai sejenis rumput berumpun besar dan berakar besar. Keistimewaan serai adalah karena semua bagian seperti daun, batang, akar dan bunganya berpotensi untuk dijadikan sebagai obat Serai, umumnya dikenali sebagai tumbuhan yang akar dan batangnya sering digunakan sebagai rempah penyedap masakan.Serai adalah genus yang mengandungi kira-kira 55 spesies rumpun. Tumbuhan ini bisa tumbuh subur di cuaca panas dan mencapai ketinggian sekitar 2 hingga 4 meter. Terdapat dua jenis serai yang biasa digunakan oleh pembuat ramuan obat yaitu;
a)   Serai biasa(Cymbopogon citratus)
b)   Serai wangi (Cymbopogon nardus).
Tanaman serai digunakan dalam berbagai kebudayaan. Bagian dari tanaman ini yang bisa digunakan untuk herba termasuk akar, batang, dan daun. Minyak asiri dari tumbuhan ini banyak digunakan dalam industri kosmetik untuk pembuatan minyak wangi dan sabun.
 
Kandungan Serai:
Mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.
 
Penyediaan dan Penyimpanan
Jika menggunakan serai segar, hanya gunakan bahagian batang umbi. Ia bisa ditumbuk atau diiris halus dan digunakan keseluruhan. Jika menggunakan dalam bentuk serbuk, gunakan hanya satu sendok teh karena ia sama seperti menggunakan satu tangkai segar. Dianjurkan untuk merendam potongan atau kepingan serai yang telah di keringkan sekurang kurangnya  dua jam sebelum menggunakannya
Serai yang dibalut  dengan kertas atau di dalam tas kertas, bisa bertahan sehingga 2 ke 3 minggu di dalam lemari es. Batangnya juga bisa dibekukan untuk digunakan beberapa bulan kemudiannya. Sebaiknya membungkus dan menyimpan serai secara terpisah, karena serai bisa menyebarkan rasa dan aromanya kepada makanan lain.
batang serai
 
Penggunaan Dalam Masakan 
Serai merupakan ciri utama masakan hidangan kari daging, ayam, makanan laut dan sayur-sayuran di Indonesia, Malaysia,  Sri Lanka dan India. Ia sebati dengan masakan bersantan, terutamanya dengan ayam atau makanan laut, dan terdapat berbagai resep yang tidak terkira dari Thai dan Sri Lanka yang mengeksploitasi kombinasi ini. Batang yang telah dibiak juga digunakan di dalam teh atau digunakan dalam jeruk dan dalam perisa marinades.

Penggunaan Dalam Kesehatan
Serai dianggap diuretik, tonik dan perangsang. Serai (Cymbopogon ciatrus) juga dikenal sebagai Rumput citronella, Rush Sweet atau obat Demam. Ia adalah herba ajaib dengan beberapa nilai-nilai terapeutik dan pengobatan. Manfaat kesehatan serai diantaranya untuk diuretik, antiseptik, analgesik, pengeluar angin, penenang saraf, galactogogue, tonik, sedatif, antidepresan, penghalang bakteria,  antimikrobial, penurun panas badan, astringen, menghapus bau busuk (deodoran) dan banyak lagi yang lain. Yang pasti, faedah serai diperoleh dari kandungan antioksidan, beta karotena dan vitamin lain, sejumlah unsur-mikro (microelemen) dan lain-lain nutrisi.
 
Khasiat Daun Serai
• Menghilangkan bau anyir pada daging itik dan kambing.
• Daun serai yang dibalut dengan besi atau batu panas digunakan untuk memulihkan pada kawasan urat saraf yang lemah, penyakit bisa otot-otot, sendi, mengilkan rahim yang bengkak, memecahkan lendir, darah dan angin.
• Daun serai dan jintan hitam digiling untuk di jadikan ‘pasta’ bagi ditempel di dahi untuk melegakan sakit kepala . Campuran pada rempah ratus untuk di jadikan ‘pasta’ bagi merawat bengkak-bengkak sendi dan otot.
• Air rebusan daun serai digunakan untuk air mandi ibu setelah bersalin dan untuk penyakit lemah otot dan sendi
 
Khasiat Batang dan Akar Serai
• Membantu mengobati masalah sakit perut dan memecah gumpalan angin serta melepaskan angin melalui dubur (kentut) dan mulut (sendawa).
• Dapat membantu mennyeimbangkan kestabilan hormon.
• Sebagai bumbu makanan sehari-hari, menambahkan aroma hidangan serta membantu meringankan keracunan makanan.
• Campuran dengan “rempah ratus” mempunyai khasiat bagi merawat kesihatan sistem dalaman badan.
• Membantu melancarkan buang air kecil.
• Pencegah nyamuk dan gigitan binatang beracun.
• Di jadikan bahan minyak wangian, shampo dan lotion.
 
Khasiat Bunga Serai
• Pencegahan kehamilan manusia dan binatang.
• Penyegar dan pelembab kulit (awet muda).
• Kesehatan dan kesegaran rahim.
 
Khasiat Serai Sebagai Obat
1.  Serai telah berabad-abad lamanya digunakan sebagai perangsang sistem kekebalan tubuh.
2.  Herba alami ini dapat membantu mencegah berlbagai masalah yang berkaitan dengan pencernaan termasuk gastroenteritis, mual, hilang selera makan, perut kembung dan sebagainya.
3.  Produk serai bisa digunakan untuk memperlancar peredaran darah dan merendahkan tekanan darah.
4.  Salah satu daripada manafaat serai untuk kesihatan yang paling penting ialah merendahkan paras kolesterol LDL dalam darah.
5.  Penyelidikan menunjukkan bahawa serai mempunyai khasiat anti-kanker yang besar dan bisa melindungi terhadap beberapa jenis kanker termasuk kanker kolon.
6.  Manafaat serai termasuk ciri-ciri antibakteria dan antidepressan.
7.  Serai adalah salah satu herba yang bisa digunakan untuk mengurangkan demam. Di samping itu, obat yang mengandung serai bermanfaat dalam mengobati batuk, selsema, bronkitis dan penyakit-penyakit lain.
8. Penggunaan infusi serai dan minyak serai dapat menguranngi sakit artritis dan reumatisme.
9.  Manfaat kesehatan diuretik serai dapat membantu memperbaiki fungsi ginjal dan kandung kemih, serta merangsang detoksifikasi dan mempercepatkan penyingkiran toksin dari badan.
10.  Herba serai bisa digunakan untuk melegakan gejala tekanan seperti ketakutan, kebimbangan, kegelisahan, dan sebagainya.
11.  Manfaat obat serai termasuk mengatasi insomnia dan gangguan tidur.
12.  Herba serai disanjurkan bagi wanita yang mengalami PMS yang sakit atau mengalami gangguan pusingan haid.
13.  Serai dapat digunakan untuk menguatkan otot dan jaringan sistem syaraf.
14.  Manafaat serai bagi kulit: mencegah radang kulit, membantu menghilangkan radang bintik, jerawat, meredakan penyakit eksim, dermatitis dan sebagainya.
15.  Serai juga digunakan sebagai aromaterapi
16. Serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lain-lain.
17. Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah serta merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.
 
Cara Membuat Ramuan Tanaman Serai
(1) Sediakan 40 gram daun serai segar dicuci bersih ya, setelah itu ambil 2 gelas air dan direbus hingga airnya menjadi 1/2 setelah dingin disaring dan diminum deh 2 kali sehari, manfaatnya sebagai:
1.  Melancarkan haid = minum 2 kali sehari sebelum makan
2. Maag = minum 2 kali sehari sesudah makan
3.  Sakit gigi dan gusi bengkak = dikumur
(2) Mengusir batuk
Sediakan 50 gram daun serai yang kering direbus dengan 2 gelas air sampai airnya menjadi 1/2, minumlah 3 kali sehari
(3) Mengobati keseleo (terseliuh)
Sediakan buah kemiri 3 butir ditumbuk bersama 2 batang serai beri air sedikit lalu dipanaskan (sebentar saja), setelah itu oleskan ditempat yang keseleo

Tiada ulasan: